Tips Memilih VGA Murah Untuk Game Berat

Jika sobat sedang mencari VGA untuk bermain game berat, sebaiknya sobat membaca artikel tips memilih vga murah untuk bermain game disini. Game berat seperti Crysis ataupun Battlefield membutuhkan sebuah vga yang bertenaga, selain vga yang bagus, game PC kelas berat pun sesungguhnya membutuhkan perangkat keras lainnya yang juga mendukung.

vga-murah-untuk-game-berat-battlefield-3

Game berat Battlefield 3 – image : Battlefield Blog

Saya mengerti dan yakin banyak dari sahabat yang ingin memainkan game-game berkualitas seperti game-game berat fenomenal Crysis, Battlefield, GTA IV, Need For Speed Run dan yang lainnya, tetapi ketika kita hanya memiliki sebuah sistem komputer yang pas-pasan, kita biasanya akan mencari solusi dengan meng-upgrade vga atau membeli sebuah vga murah yang pas di kantong, maksud dari ini adalah supaya kita bisa memainkan game berat di komputer kita, yah walaupun tidak dengan setting gambar tertinggi, setidaknya kita bisa bermain game berat dengan kualitas low atau medium.

Untuk memudahkan pilihan sobat, saya akan membuat kesepakatan bahwa vga murah disini adalah sebuah vga untuk bermain game berat dengan harga tidak lebih dari satu juta (1 juta), oleh karena itu informasi vga yang akan saya tampilkan tidak akan mengusik vga kelas berat semisal NVIdia GTX560 Ti, GTX460, atupun AMD Radeon HD 7850, 7770, 7970 yang harganya mencekik isi dompet yang pas-pasan :mrgreen:

Untuk contoh pertama, kita lihat dari spek komputer game murah milik admin blog motorseo ini 8) oke?. Saat ini, saya memiliki komputer dengan sebuah Intel dual core G620, 4GB memori, 320 gb harddisk, monitor full HD 22″ dan vga HD 4850, jujur dulu vga ini memiliki harga di atas 1 juta rupiah, tetapi kini saya melihat HD 4850 bisa sobat dapatkan dengan harga di bawah 1 juta merek DA.

Dengan spek komputer murah diatas, saya bisa memainkan beberapa game berat dengan setting resolusi full HD dan dengan settingan game medium-high. Lalu apakah saya puas? jujur ya :-D saya puas dengan vga murah ini yang bisa memainkan game berat zaman sekarang. HD 4850 meiliki memori ram 1GB DDR5 dengan spek 250 bit, cukup bertenaga saat bermain game PC.

vga-murah-untuk-bermain-game-berat-seperti-crysis

apakah crysis bisa dimainkan dengan vga murah? – image :gamespot.com

Nah bagaimana dengan vga murah saat ini, jujur mungkin artikel ini akan cepat tertinggal karena perkembangan perangkat keras komputer berjalan sangat cepat, oleh karena itu jika saya mempunyai waktu saya akan selalu meng-update artikel tips memilih vga untuk bermain game berat ini.

Berdasarkan salah satu situs hardware komputer terkenal TomsHardware, saat ini untuk rentang harga di bawah 1 juta, mereka memilih vga Radeon HD 6670 DDR3 dan juga Radeon HD 7750. HD 7750 memiliki harga yang lebih mahal dari HD6670, tetapi performa yang di dapat juga lebih baik dari HD 6670. Untuk pasaran di Indonesia, saya melihat Radeon HD 6670 1GB DDR5 (bukan DDR3 dan lebih baik) di harga 900 ribuan dari merek HIS, sedangkan untuk HD 6670 1GB DDR3 berharga 690 ribuan dari merek Sapphire, murah bukan?. Di kubu Nvidia sobat bisa mendapatkan Geforce GT 640 1024MB DDR3 seharga 900ribuan dan Geforce GT 630 2048MB DDR3 seharga 600ribuan, semua harga vga ini bisa berubah tergantung merek dan harga dollar.

vga-murah-untuk-game-berat

vga murah untuk game berat dari AMD HD Radeon series, image : tomshardware

Bagaimana tips jitu untuk memilih vga murah?
– Perhatikan jumlah memori, pastikan minimal 1GB
– Pilih minimal DDR3, kalau bisa DDR5 lebih bertenaga
– Lihat bit instruksinya, 128bit minimal diatasnya seperti 256bit lebih baik.
– Mendukung Direct X11
– Memiliki garansi terpercaya

Menurut saya pribadi, saat ini (januari 2013), untuk kategori vga murah untuk game berat bisa memilih HD 7750, atau jika anda beruntung sobat bisa mendapatkan HD 4850 atau GTS 450 dibawah satu juta. Semua vga tersebut saya pikir sudah cukup untuk bermain game-game berat komputer saat ini. Tips memilih vga ini hanyalah opini pribadi, jadi silahkan memberi kritik dan saran untuk berbagi dengan pengunjung yang lain. Ingat, untuk memainkan game komputer kelas berat, vga hanya salah satu faktor pendukung saja, saya merekomendasikan anda minimal memiliki memori 4GB dan processor dual-core untuk mendapatkan hasil yang cukup. Semoga bermanfaat ;-)

795 thoughts on “Tips Memilih VGA Murah Untuk Game Berat

  1. Faja89

    1.Agan ane mau nanya kalau mendim milih VGA GeForce GT 630 1GB DDR3 OR Radeon HD 5570 1024MB

    2.Berapakah Harga VGA di atas??

    3.kalau harga Vga dibawah 1juta yang paling bagus yang mana??

    Balas
  2. dani

    gan kalo processor apu a6 3760k 2.7ghz quad core and kasih VGA zotac gtx 760 bottleneck gak ya…..?

    Balas
  3. Azis Rezpec

    Processor : FX-8350 4.00ghz (8 Cores)
    Mainboard : M/B Asus M5A78L-M/USB3
    Hardisk : 2000GB Western Digital Green Sata
    Memory (Ram) : 16GB DDR3 V-Gen
    DVD : RW LG / SAMSUNG
    Graphic (VGA) : Powercolor ATI Radeon
    HD7730 2GB DDR3
    Keyboard + Mouse + Speaker std
    Casing : Dazumba 902 | HDD Dock Sata |
    PSU 500w

    kira ada kekurangannya gak .klu ada tolong diberi tahu thanks

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      menurut ane mending ambil memori 8 giga (4x 2 biji) yang dual chanel dari Corsair, buat apa gan 16Gb? :-D

    2. Bowo

      Procies + Ram udah mumpuni., tapi sayang di vganya yang kurang bertenaga buat game. Pilih sekelas HD 7790 atau GTX 650Ti Boost udah bisa ngacir gan.

  4. kiki

    Gan ane mau nanya nih gan, Spek kompi ane
    processor : intel core i7 ivy bridge
    mainboard : Gigabyte B75M-HD3
    Ram : DDR3 4gb
    Harddisk : 1tb
    VGA : Nvidia Geforce GTX 650 OC 1gb PCI-E 128bit DDR5
    PSU :Corsair 550watt

    rencana nya ane mau upgrade Ram jd 8gb dan VGA jadi GTX 650 ti 2gb, cuma budget masih sendat2, menurut agan dengan kebutuhan untuk programming, video editing, dan main game bagus nya updgrade Ram dlu apa upgrade VGA nya dlu?

    Balas
  5. sapaaja

    gan ane ada budget 500-550rb kira2 vga apa yg lancar di bf4 walaupun setingan low? procesor sama ram udah cocok

    Balas
  6. HCRCRX

    gan spek ane
    core 2 duo 6400 2.13 Ghz
    ram 2gb
    vga nvidia 6600 128 Mb
    bisa buat game apa aja ya ?
    thanx

    Balas
  7. rezgego

    gan spek pc ane
    processor : intel core i5 3470
    mainboard : ECS H77H2-m
    ram : DDR3 4gb
    hdd : 500gb sama 250 gb

    naah.. VGA yg cocok buat ane apa yaa gan?? intinya enak buat nge-game,design, sma ane lgi coba2 softwere recording buat musik..

    ato klo ada yg hrus diganti yg mana gan??

    Balas
  8. aldi suliamn

    gan spesifikasi komputer ane
    processor:core 2 duo 2,40
    ram :2gb
    hardisk:1tb
    vga:geforce 8600gs

    klok buat maen call of duty 3,cll off duty black ops,pes 14 bsa dimaini gg gan

    Balas
  9. darwin

    gan komputer aku ini Operating System
    Windows 7 Ultimate 32-bit

    CPU
    Intel Core i3 4130 @ 3.40GHz 41 °C
    Haswell 22nm Technology

    RAM
    4.00GB Dual-Channel DDR3 @ 798MHz (11-11-11-28)

    Motherboard
    ASUSTeK COMPUTER INC. B85-PLUS (SOCKET 1150) 28 °C

    Graphics
    Generic Non-PnP Monitor (1920×1200@59Hz)
    NVIDIA GeForce 7600 GT (Microsoft Corporation – WDDM) (MSI)

    Storage
    465GB ATA ST500DM002-1BC14 SCSI Disk Device (SATA) 32 °C
    1397GB Western Digital WD Ext HDD 1021 USB Device (USB (SATA)) 52 °C

    aku pengen ganti vga nya . . jadi menurut bro vga apa yang cocok cpu aku! trima kasih :-)

    Balas
  10. Silvy Febriansyah

    gan tanya dikit. pc aku pas2an,
    mataherbot biostar a780l3c
    prosesor phenon IIx4 lupa serinya
    ram 4gb
    hardis 500mb
    power suplay standar
    rencana mau tambah vga nvidia gtx 650 seri, kira2 bisa ga? apa yg harus ditambah biar pleksibel, dana 2,5jt

    Balas
  11. Fajar Miftahuddin S

    gan blog ini sangat membantu, kebetulan saya nyari2 info susah banget soal spek komputer yang saya inginkan dan budget yang saya miliki… hehe mau tanya nih gan maaf kalo panjang hehe pertanyaannya bagus mana spek 1 atau spek 2 menurut agan? berikut speknya :

    1. proc : phenom 8750 triple-core 2.4ghz cache 3,5mb 95w am2+[tray]
    vga : radeon hd 6570 2gb ddr3
    ram : 4gb corsair ddr3 pc12800
    motherboard : vaikoo V-A 785 G (Am2, AMD785,ddr3)
    power supply : digital alliance bullet 400w
    soundcard : AIM Hi-Live professional 7.1 Channel SC8768
    casing : standar aja

    2. proc : Core i3-540 3.06GHz
    vga : GeForce GT 630 2GB DDR3
    ram : 4gb corsair ddr3 pc12800
    motherboard : vaikoo V-A 785 G (Am2, AMD785,ddr3)
    power supply : digital alliance bullet 400w
    soundcard : AIM Hi-Live professional 7.1 Channel SC8768
    casing : standar aja

    total dua-duanya ini saya cek semua di enter komputer sekitar 3jtan, nah menurut agan mendingan spek 1 atau 2 untuk maen game DOTA II, HON GARENA settingan high kuat gak ya om? kalo kuat mending pilih yang 1 atau 2 ya gan? kalo bisa sih,kalo agan punya solusi yang lebih baik boleh dibikinin dong speknya hehe… oh iya ini buat game kaya di artikel agan yang crisis sama bf 3 gmna? hehe … oh iya sama spek agan yang ini :

    Intel dual core G620, 4GB memori, 320 gb harddisk, monitor full HD 22″ dan vga HD 4850, jujur dulu vga ini memiliki harga di atas 1 juta rupiah, tetapi kini saya melihat HD 4850 bisa sobat dapatkan dengan harga di bawah 1 juta merek DA.

    bagus spek 1 dan 2 saya? hehe maaf kebanyakan tapi ini saya sangat membutuhkan jawaban agan… terima kasih sebelumnya gan hehe

    Balas
  12. eki

    spec ane:
    amd athlon II x2 260 processor
    mobo bios A780L3B
    ram 2gb
    vga ati radeon hd 5570 merk power color
    pas ane check dxdiag di bagia “display” di bawahnya ada note “The file ati2dvag.dll is not digitally signed, which means that it has not been tested by Microsoft’s Windows Hardware Quality Labs (WHQL). You may be able to get a WHQL logo’d driver from the hardware manufacturer.”
    itu napa ya gan?
    trus kalo ane maen pes 2013 lag padahal udah set low
    minta wejangannya ya gan maklum ane rada noob :P

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      indtall aja gak apa apa bro, itu cuman warn dari OS nya, masalah PES lag, saya curiga memorinya minim, coba tambah 1gb

  13. Alwan syarif

    Assalamualaikum gan mau nanya seputar VGA

    Proc : Amd Althon X2 2,9ghz
    Mainboard : Gigabyte GA-MA74GMT-52
    Ram : 2gb ddr3
    Psu : simbadda 430w

    Saya mau beli vga budget maksimal 600rb’an . Bagusnya merk dan seri apa ya gan? Kalo untuk spek segitu bisa gak ya game berat seperti : battlefield 4, cod mw4 dll untuk vga 600rb’an dan spek saya segitu?
    Terimakasih ^^ ditunggu jawabannya

    Balas
  14. rullybuan

    permisi agan ,
    Spek saya :
    AMD X2 .2.8 Ghz
    RAM : 4GB
    VGA :9500 GT

    sepak saya di atas jelas tidak kuat mainkan game2 berat
    saya punya uang sekitar 2jt gan , untuk ganti procie sama VGA
    rencana saya mau ambil AMD FX-4300 Vishera 3.8GHz (4.0GHz) skitaran 1.4 sisa nya 600rbu bingung mau beli vga apa
    kbutuhan utama sih untuk design editing

    Balas
  15. mamad

    om, kalau vga his ati 6850 1GB, 256bit, dan ddr5, kira2 sekarang dikisaran harga berapa ya??
    dan kira2 tuh vga bisa maen watchdog setting ultra kagak??

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      harga sekitaran 2juta atau kurang gan, untuk setingan ultra tergantu spek agan juga sama resolusi yang dipake, kalau ultra di full HD 1080 sdepertinya pas-paasan

  16. Richard Hytzfer

    misi gan mau tanya juga seputar VGA
    proc : Amd a4-5300 3.4 Ghz
    Mobo : Ecs A55F2-M3
    Ram : 4 Gb
    Psu : power up 550 w
    monitor : LG 1920×1080

    ane mw beli VGA supaya bisa maen BFD,COD dan crysis,d lev high/ultra,
    kalo BFD 3 ane maen gak pake VGA cmn sampai d Low aj..yg laen blom berni coba..
    ada usul gak gan ?mungkin yg perlu d up-grade,untuk kompenen ane yg lain ?
    kalau VGA ini gmna gan? cocok gak ?digital alliance hd 4850 1gb 256bit ddr5,
    kalau saran dari agan untuk Vga yg mana gan?
    termikasih seblumnya

    Balas
  17. nanda adi leo

    Mas , makasih sebelumnya karna saya dah banyak dapat masukan dari blog ini…
    Numpang nanya ya mas , laptop apa yg bagus buat game berat mas ? kecepatannya min 1,5 dan 4Gb RAM tahan lama yah mas :D
    Budget saya kurang lebih 4 juta

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      budget 4 juta? banyak pilihan kok gan, saya lihat Lenov* tipe sekian udah bagus tuh, yang pengting VGA nya bukan onboard tapi dedicated, biasanya tertera pada laptopnya (NVIDIA atau AMD RAdeon)

  18. ryan

    spek ane gan
    processor amd athlon II x3 440
    vga card nvidia geforce gt630 1gb 128 bit ddr3
    ram corsair 4gb
    Mobo biostar a780l3c
    psu seasonic 430w
    adem ayem maen sleeping dogs,bf3,crysis 2 di medium,dan mau nanya apa kuat buat mainin bf4 ama cod ghost?

    Balas
  19. Resa

    Gan ane mau nnya nih spek buat game crysis3 atw battlefield3 gta bkln cukup ga budget ane 6.5jt
    Mobo: msi h97 gaming 3
    Proses: i3 4150
    Ram: venomrx 4gb
    Case: aerocooll x warrior
    Hdd: 1tb wdc
    Yang ane bingung vga sama psunya

    Balas
  20. Joko Prayitno

    Gan tolong nih… ane punya Motherboard Intel DH 61 WW Ram 1gb ddr 3 Core i3. Mau pasang VGA tapi belum tahu mana yang suport untuk vganya Mohon pencerahanya…. Untuk blog nya moga jadi inspirasi buat temen2 semua…

    Balas
  21. Irwan

    wahai sesepuh ane baru beli kompi budget 1,5 + LED dgn spek :
    – OS Win7 Home Premium 32-bit (6.1,build 76000)
    – Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU E4500 @ 2.20 GHz (2 CPUs), 2.2 GHz
    – RAM 2GB
    – VGA 256 MB Intel (R) 824945G Express Chipset Family
    – Resolusi 1024×768 (32bit) (60Hz)

    kenapa tiap browsing hang terus? komponen/VGA apa yg cocok untuk HD Gaming (crysis,dll.)
    maaf msh nubie..tolong beri pencerahan suhu..thx before

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      hang bisa jadi karena RAM pas2an, bisa juga karena vga atau files di hardisk udah penuh.solusinya bisa upgrade ram atau bersih2 file di hdd yang gak kepake. Untuk gaming seperti nya VGA kelas 800-1 jutaan sekarang udah cukup, merek bebas

  22. bernardus

    bro ane butuh bantuan ente nih… newbie soalnya
    ane ada budget 5jt-an pingin rakit kompu buat gaming
    pinginnya sih yang kyk gini speknya :
    core i5 3470 3.2 GHz
    Digital Alliance DDR5 GTX 650 2 GB 128 Bit
    Team Extreme Dark 4 GB 1600
    PSU Thermaltake 600W W0355
    HDD Wester Digital 1 Tb 3.5 SATA 7200 Rpm Blue
    nah yang ane bikin bingung mobo asrock yang mana yang bagus buat kantong dan tujuan ngerakit ane gan? temen ane nyaranin tu vga card nya diganti radeon 7850 soalnya nanggung, emanknya bisa gan intel pake ati radeon ya?

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      intel pake ati gak masalah gan :-D, untuk VGA sepertinya gak beda jauh dengan saran dari temen ente, untuk motherboard jika agan gak suka overclock (dan kelihatanya gak) saya prefer pilih ke mobo yang murah aja, asalh slot cpu nya compatible, kalau bisa sih yang sudah solid capasitor

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

