Saran Buat Yang Ingin Membeli Kawasaki Ninja 150

Sampai saat ini, Kawasaki ninja 150 2tak adalah salah satu motor yang memiliki penggemar fanatik, bukan hanya karena loyal terhadap brand Kawasaki dan label Ninja saja, tetapi mungkin karena factor performance motor Ninja 2tak yang masih di cintai. Beruntung dan sungguh anugerah yang besar dari Alloh buat saya yang telah menitipkan salah satu tipe Ninja 150 2tak kepada saya, untuk itu sebagai ucapan terima kasih, saya ingin memberikan saran atau pengalaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan motor 2tak ini kepada para calon pembeli ninja 150. Ingat sob, saran ini adalah saran dan opini pribadi, boleh diambil boleh tidak, ๐Ÿ˜€

ninja-150-2tak-boros-tidak

kawasaki ninja 150

Kawasaki ninja 150 2tak memiliki harga yang relatif mahal, tetapi mahal tidaknya sebuah motor adalah hal yang relatif dan tergantung pandangan setiap individu. Oke, jika melihat harga dari sebuah Ninja 150, baik yang RR atau pun yang R (L,N), motor ini tergolong relatif mahal jika dibandingkan dengan motor 150cc di pasaran, memang untuk ninja rr harganya cukup standard untuk motor berfairing, sekitar 34juta-35juta, tetapi untuk yang tanpa baju, tipe R (L,N), harga motor ini terbilang nonjok :-D, yah untuk tipe R(L) di Bandung mencapai 26,9 juta dan tipe N 26,7 / 26,6 juta :-), ini juga yang telah membuat saya berpikir berulang ulang ketika saya akan meminang motor ini, saya berpikir keras alasan kuat apa yang menyebabkan si ijo harus ada di garasi, akhirnya saya temukan juga alasan saya meminang Ninja 150 walapun dengan alasan yang gak masuk akal!! :evil:. Tenang sob, jangan mundur dulu, masih banyak hal-hal baiknya, baca dulu sampai selesai.

Katanya Kawasaki ninja 150 boros bensin, belum lagi pake oli samping, bisa-bisa kantong jebol, benarkah itu semua?. Betul sob, jika terbiasa menggunakan motor bebek, mungkin konsumsi bensin Ninja 150 bisa terbilang boros, apalagi dengan konsumsi minuman tambahan berupa oli samping, bisa-bisa kaget karena Ninja nya selalu pengen apel ke pom dan ke toko oli. Tetapi, jika pernah menggunakan motor sport batangan seperti scorpio, tiger atau minimal FU lah (ni bebek super bos), perbandingan nya tidaklah terlalu terasa.

kawasaki-ninja-150-2012-2013

Ninja 150 lagi hujan hujanan minta di jepret..

Ninja di atas memiliki konsumsi bensin sekitar 30km/liter bahkan lebih ketika standar ting-ting, untuk oli samping sekitar 2000km/botol ๐Ÿ˜‰ masih berpikir boros?

Harga dan konsumsi bahan bakar serta mungkin harga spare part yang relaif mahal adalah kekurangan yang harus dipikirkan oleh para calon pembeli Ninja 150 2tak, lalu apa dong kelebihannya?

Let see, bohong kalau tidak mengakui Ninja adalah motor cepat dan memiliki tarikan dasyat, ini mungkin menjadi alasan terkuat mengapa orang memilih motor ini, tetapi apakah sedasyat itu?

Pengalaman adalah guru terbaik, benar? ketika pertama kali merasakan motor 2tak dari Kawasaki ini, saya pernah merasakan “free standing” disamping sebuah truk yang sedang melaju :-D, bukan pamer atau sok jago tapi karena terbiasa dengan motor 4tak yang membutuhkan gigi rendah saat akan berakselerasi, saya pun melakukan hal yang sama terhadap motor ini, lalu apa yang terjadi? yups benar roda depan terangkat beberapa detik dan disini lah power ninja terasa, mantap. Dari sini mungkin bisa diambil poin plus, keuntungan pertama adalah akselerasi yang dasyat.

Top speed lumayan. Kenapa lumayan? karena untuk sekelas motor 150cc, top speed Ninja 150 standar pabrikan sangat beringas, mungkin real top speed di GPS hanya sekitaran 140km-150km / jam saja, tetapi angka tersebut sudah membuat rata-rata pengendara roda dua mengeluarkan keringat dingin saat memegang tuas gas.

Ringan, handling perfect !!. Ngesot dua kali bersama Ninja 150 2tak ini adalah bukti ketangguhan rangka motor Kawasaki :-D, walaupun saya berkendara dengan kecepatan tinggi lalu melakukan “hard braking”, motor ini tidak menimbulkan getaran dan ketidakstabilan, hanya ban belakang saja yang ngesot-ngesot tetapi rangka depan dan handling stang tetap jos, motor tetap berdiri kukuh dan aman.

Kepanjangan yah? oke deh jika tulisannya terlalu banyak akan membuat cape bagi para pembaca, jadi inilah kesimpulannya. Kekurangan dan kelebihan motor Kawasaki ninja 150 2tak menurut pengalam admin blog motorseo.

– Harga lumayan mahal dikelas 150cc
– Bensin lumayan boros (2taK)
– Membutuhkan oli samping
– Spare part lumayan berharga lebih mahal (tapi awet)
– Ban bawaan lumayan licin
– SuperKIPS kadang macet

+ Tarikan dan akselerasi garang
+ Handling top
+ Top speed lumayan nonjok
+ Ringan dan stabil
+ Rem pakem depan belakang
+ Top quality pada bahan dan material
+ Servis murah (tanya kenapa :-D)
+ Bisa kejar waktu dan setoran :mrgreen:

“Sobat tahu mengapa saya meminang motor ini? alasan awalnya adalah saya selalu menelan racun yang diberikan oleh para pengendara Ninja di jalan Soekarno Hatta Bandung dimana mereka selalu berkendara dengan cepat di jalur ini, apalagi di waktu jam malam, dengan raungan mesin yang melebihi rpm 7000 di temani suara knalpot aftermarket yang bersuara garing di rpm tinggi, kombinasi suara knalpot garing di rpm tinggi ini terdengar seperti motor balap di arena GP (IMHO) dan jujur alasan suara yang merdu dan trah Ninja lah yang membuat saya tidak bisa menolak untuk menyicipi motor ini, thanks to Ninja riders di Bandung yang telah berhasil meracuni saya walaupun saya bukan penggemar Kawasaki apalagi speed freaks!!! :evil:”

Itulah saran atau pengalaman yang bisa saya bagi kepada siapa saja yang saat ini sedang demam motor 2tak dari Kawasaki ini. Menurut pendapat pribadi, motor ini sangat cocok bagi siapa saja menginginkan motor bermesin sangar, tarikan joss, top speed oke, dan memiliki handling sempurna. Tapi jika ingin motor irit, simple, gak harus servis SKIPS dan tidak berisik, silahkan hapus Ninja dari daftar calon motor baru anda :-D. Terakhir, saya ingin mengingatkan tentang keselamatan berkendara, Kawasaki ninja 150 memiliki power mesin yang lumayan “galak”, maka berhati-hatilah, jaga kecepatan anda saat di jalan raya, selalu santun di jalan, jika punya dana lebih, segera ganti ban standar dengan ban yang lebih baik. Ada pertanyaan? silahkan bertanya dan berdiskusi disini.

Sebagai blogger yang baik, saya lampirkan juga gambar Kawasaki KRR 150 SE sebagai vitamin di akhir tulisan ini :mrgreen:. Salam.

kawasaki krr 150 se

kawasaki krr 150 se : PDK Gold, Tsukigi racing exhaust, Super Kips, power 40HP!!, top speed joss deh. ^_^ (image via Google search)

621 thoughts on “Saran Buat Yang Ingin Membeli Kawasaki Ninja 150

  1. trisna firmansyah

    Menurut perbandingan ane, ane lebih suka yang fairing, why . Karena balance keseimbangan lebih terjaga gan . Cobalah membiasakan mengenali motor anda terlebih dahulu, lihat setelan kaki”, dari sisi pengereman, dahulukan fleksibilitas ketimbang speed gan,agan yang mengendalikan motor bukan agan yang dikendalikan motor. barulah setelah agan sudah bisa mengontrol mtor agan, speed boleh agan pacu sekencang mungkin. Tapi ingat. Safety first before gassssss :D.

    Balas
  2. fahmi

    hadeehh.. kapaaan gw punya RR.. bosen ama fu.. mao ganti ke 2 tak.. ngiler dah pokonya ngeliat RR berkeliaran..haha

    Balas
  3. imam

    gan ane mao nanya nih tolong dikasi penerangan…heheheh
    kalo oloi samping ama oli mesin yang bagus buat ninja apa ya.. yang enakeun gitu gan buat mesin ama aromanya, soalnya ane pernah ngejar ninja tp ga kekejar..heheh tp aroma nya itu beda gitu ama motor lain..heheh.. soalnya ane mulai tertarik nih sama nnja..heheh

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      Oli? jelas motul gan, opsi kedua ane prefer idemersu, ketiga SPC, kemudian ori Kawasaki, dan kalau aroma bisa pake orange. But Motul, Idemetsu dan SPC katanya terbaik dari banyak review..

  4. dionputra

    gan, ane punya Ninja R tahun 2012, ane mau beli knalpot R9 New Mugello kira2 harganya berapa gan daerah surabaya. tanks

    Balas
  5. Sani

    Pusing udh 2 minggu cari ninja R 150cc type L tiap deler kawasaki yg ad d jkrta udh saya dtngn,tp d prsulit gtu,klw byar ces…

    Balas
  6. rudy

    bro,,ninja bukan hanya 150km/jam…180 km/jam sanggup tuh motor..kebetulan aku nyobanya ninja yg lama yg belum superkips,nih lagi intreyen RR.jadi belum tau top speed nya bisa lebih 180 km/jam atau sama.

    Balas
    1. hari

      Btul bro sy mantan pengguna ninja RL 2007,tembus 175 km dgn mudahnya dan kelamahan superKips suka macet

  7. Hiskia

    gan ane lagi bingung nih ane mau ngambil ninja rr 2004 apa ninja rr tahun 2007.. kalo kaga agan bagusan mana? kalo ane liat di blog lain ninja rr 2004 karena masih buatan thailan jadi lebing sangar bener kaga sih?

    Balas
  8. ulvie

    setelah dirasa-rasa & ditimang-timang kurang lebih udah 1 bulan,
    si ninin tiap pagi kalo diajak jalan-jalan nyari duit, kips’y ga kebuka alias mbrebet tapi dipaksa trus biar kebuka, eeeeeh udah kebuka malah ga balik lagi, tapi ya dipaksa lagi biar nutup.
    mungkin gara-gara ntu nyawa’y si ninin blm kumpul.
    cuma kalo udah begitu sich kips’y lancar jaya.
    ane juga ngikutin saran Master Motorseo ini yg nyaranin pake Oli mesin + samping merk MOTUL, Lumayan mahal siiich, oli mesin 110rb, oli samping’y 90rb. tapi ane jabanin aja, hehe, maklumlah masih baru gitu lho, wkwkwkwk,
    minta saran’y MBAH biar ngga macet mulu, saran’y selain yg sering nyiksa RPM ninin yeee,,,,
    hehe,, ditunggu ya MBAH….

    Balas
  9. adrian

    hi ninja riders, gw adrian dari bandung, gw sudah akad nikah dgn ninja r, lg tunggu barang, inden udh mau 3 minggu utk warna ijo, semoga minggu ini ada supply dari pabrik. udh horni bgt pgn merasakan garang nya 2tak motor impian. ga bisa tidorrr… hahaha, sukses terus utk semua ninia riders, ride safe yaa

    Balas
  10. odie

    mANTAPc. . .
    hrga OTR JATENG khususNy karasidEnan bAnyumas brapa duit yah,mz broWWW. .yg RR lho,yg biasa &yg SE?
    trus2, jK gnti bAn tUbles trjamin aweu&keselamatanNya gk ya dibAnding bAn standar(tipe tube). . .
    sekiraNya sempet?mOhoN dijawaB. .matUrnuwun. . . .;-)

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      waduh ane gak tahu gan, yang jelas Kawasaki emang terkenal awet, meskipun itu semua tergantung perawatan kita saja, toh banyak motor tua yang masih kinclong kan? yang saya tahu QC Kawasaki emang joss.

    1. Motorseo Penulis Tulisan

      Di atas kan udah saya jelasin gan he he, yang jelas bensin gak seramah 4 tak, dan butuh oli samping, itu saja, yang lainnya, perfect ๐Ÿ˜€

    1. Motorseo Penulis Tulisan

      RR kurang tahu, tapi kalau Punya penulis berada di sekitar 30KM/liter kurang lebih. Iritkan? he he standard ting ting bawaan pabrik, sekarang setelah ganti knalpot juga berasa gak jauh beda om..

    1. Motorseo Penulis Tulisan

      kalau macet di bawah, susah naik RPM gan..kalau susah macet diatas skipsnya, putaran bawah lemot abis… yang jelas yang saya rasakan, jika macet, rpm bawahnya parah abis,,,, semoga jelas om..

  11. gusmet

    uih .. mantap artikelnya bro..
    dari kemaren – kemaren mimpiin dapet beli ninja 2 tak..
    tp belum kesampaian juga..
    mash banyak pertimbangannya..
    klu boncenger di belakang nyaman gk ya duduknya ..?
    soalnya pernah ngetes pake Ninja 250, istri sampai keringat dingin bonceng di belakang, gk ada tempat pegangan malah lg..

    Balas
  12. ryan

    Ane kan lgi cari motor ninja nih, Antara New kawasaki 150 r thn 2012 sma New kawasaki 150 rr thn 2013, mesin sama cuman beda body nya aja, justru ane makin bingung mau bli yg na nih -_-… Mohon penyerahanx kk

    Balas
  13. Hery stts

    Gan kemacetan pd SKIPS itu pengaruh dr apa’an yaa gan,,,soal’y sigagah gw thn 2013 brusn dtang nih..tp gw blm ngerti mslh SKIPS’y d’bantu yaa gan….salam 1 hati laskar antasari banjarmasin….

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      DAri pengalaman ane, kalo motor kedinginan, terus jarang maen di RPM 70000 (supaya SKIP buka), dan yang terakhir jika sering lewat jalan yang berdebu..

    2. foead

      mngkn karena terlalu pelan gan makenya….krn kips bekerja jika pada titik rpm tertentu…..jika terlalu pelan, berarti kips ga kerja, jadinya mlh sering macet gan…semoga bs menjadi masukan..

  14. Ony

    ninja 150 R jari”nya d ganti, bodynya d rampingin dikit, karbunya d ganti pake ninja 150 RR, knalpotnya pake super kips,, uda gtu aja mantapp gan…. ngiler abis dah

    Balas
  15. zen's

    Mohon pencerahannya agan yg baik hati….
    Gimana caranya supaya superkips nya biar ga sering d service?
    Apa bedanya mesin superkips sama yang bukan SKIPS? Makasih sblumnya….

    Balas
    1. Lynyrd Skynyrd

      Pake oli samping standar’nya atau shell atau castrol ngga masalah yang penting stel angin karbu’y dgn baik, stelan oli samping’nya mesti pas ngga keiritan juga ngga keborosan, lebih sip pake pertamax trs, tips tambahan sediakan 1 bh kunci 10 utk stel2 ringan katup superkips tiap 2-3hr sekali biar ngga macet

  16. Arya rr

    Salam buat ninjers sekalian. . .
    Setelah 3thn. (ninja merah 2010 bulan 7) Si ninja merah saya piston na ganti. . Tapi tetep yg membanggakan adalah tak mesti ganti blok. . .
    Hampir saja takut keluar duit bnyak. .
    Sdikit pengalaman

    Balas
  17. Andhika Nursuma

    NINJA R TYPE L 150
    Pertama Ane Nyobain Ni Motor Top Speed Sampe 150KM/H Bawa Cewe Lagi.
    Wuuuiiidiih Saking Dahsyat Nya Ni Motor Cewe Gue Sampe Mencekik Perut Alias Meluk Sangat Kuat Dan Cewe Gue Tidak Berkata-Kata Di Saat Melesat Cepat.
    Nah Ada Saran Nih Punggung Yang Ingin Di Joss Sama Buah Dada Sangat Tepat Ya NINJA R/L Tentunya. Dan Saya Coba Kecepatan Itu Di Jalan Pasoepati Setelah Jembatan Layang Bandung.

    Balas
  18. zaki

    gan sekarang ini aku lagi meminang si satria fu dan aku hobi naikin cc+main akselerasi begitu juga dengan fu.ku sudah 150 keatas ๐Ÿ˜€ maklum suka balap liar+drag (racing)
    lah untuk ninin 2 tak mending tahun berapa gan yg lebih enak ngorek” cc+akselerasi? mohon pencerahanya :mrgreen:

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      bebas gan, semua ninja kencang, tinggal ganti knalpot racing, setting engine, ganti Pilot Jet Main Jet, ganti blok mesin PDK he he he

  19. Harun

    1.Ada tips cara benerin super kips gak gan…?
    2.Oli samping yg sesuai dengan kawasaki ninja apa ya ?
    3.Oli mesin yg cocok untuk kawasaki ninja 150 ss ?
    Mohon pencerahannya,karena saya baru 3 minggu make ninja ?

    Balas
  20. giri

    kalau oli mesin sama oli samping pake shell advance AX7 kira” bagus ga ya? mohon saran bagi yang sudah terbiasa pake ninja 150. alnya baru kesampaian mimpinya beli ninja rr ney. terimakasih

    Balas
  21. andrian andri

    Gan aku punya ninja rr 2013, pake pertamax 1 liter cuma dapet 15km aga nguras kantong sih, apa ya penyebabnya

    Balas
  22. agust cobain

    Ane bingung gan, beli si ninin dulu ,apa bangun rumah dulu di kampung,kalo bikin rumah dulu, dah jlas budgetnya akanke ambil sbagian, kalo si ninin dulu takut ngga selsei bikinn rumahnya br0,, mohon saran dari biker semua,,,

    Balas

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..