Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post di WordPress.com

Akhirnya saya temukan juga cara membuat artikel terkait / related post di blog WordPress.com, nah sebelum saya bagikan kepada sobat semua, mari kita lihat alasan mengapa membuat menu artikel terkait di blog WordPress.com itu lebih sulit jika di bandingkan dengan tempat blog gratis lainnya semisal Blogger. Mari kita renungkan sebentar beberapa hal berikut.

bagaimana cara membuat artikel terkait related post di wordpress.com

Ilustrasi : Foto : Google Images

Sebagaimana yang telah blogger wordpress.com ketahui, blog WP sangat anti Java script dan anti kode-kode yang dapat membahayakan server blog mereka, saya pernah membaca artikel dari suatu sumber (saya lupa alamatnya) yang mengatakan bahwa, alasan mereka untuk tidak mengijinkan para membernya untuk menggunakan Java script adalah, karena mereka takut akan masalah keamanan dimana masalah ini pernah menimpa MySpace/Tumblr saya lupa secara pastinya, jadi blog gratisan WordPress.com tidak pas buat yang suka coding😛. tetapi pas buat yang ingin keamanan tingkat dewa:mrgreen:. Lalu apa hubungannya dengan membuat artikel terkait di WordPress.com? nih penjelasan menurut saya pribadi.

Kebanyakan cara untuk membuat related post atau artikel terkait di blog adalah dengan bantuan script plugin atau pun melalui kode Java script, ini masalahnya, WP gratis tidak support bahasa asing ini:mrgreen:, lalu bagaimana cara menyiasatinya?. Beruntung saya menemukan blog kphmph.wordpress.com, melalui artikelnya yang sangat bermanfaat di link ini, beliau menjelaskan bagaiaman cara untuk menampilkan artikel terkait / related post di wordpress.com.

Seperti yang juga telah dijelaskan oleh tim support wordpress di alamat ini, kita sebenarnya bisa memakai beberapa shortcodes yang mungkin dapat membantu kita dalam berkreasi di blog WordPress.com. Disana kita bisa melihat bagaimana cara memasukan video youtube ke blog wordpress.com, audio, galeri gambar, file exel sampai penggunaan map juga ada shortcodes nya😀. Silahkan cari dan pelajari sendiri.

Ini dia code utamanya : [*display-posts] (tanpa tanda bintang)

Pada penggunaanya, kita bisa memilih metode mana yang akan kita pergunakan, apakah kita akan menyaring berdasarkan kategori, tag atau author (pembuat). Berhubung blog ini masih sepi artikel, dan supaya berhubungan dengan topik ini, saya berikan 2 contoh dengan penggunaan TAG dan KATEGORI

Contoh dengan kode tag : [*display-posts tag=tips-blog]
Jadi seperti ini :

Ini berdasarkan kategori :[*display-posts category=komputer]
Hasilnya seperti ini :

note*
Gunakan tanda min (-) sebagai penyambung kata jika TAG/Kategori/Author terdiri dari lebih dari satu kata, contoh [*display-posts category=komputer-apple] .Setiap kode akan menampilkan max 10 post, ingat hilangkan tanda bintang (*) didalam kode, perhatikan juga spasi, lebih baik satukan kode tanpa spasi kecuali pada bagian tag,catefory, atau author, lihat contoh baik-baik. Bagaiman mudah bukan?

Jika anda suka dengan penampilan dan disain, anda dapat memberikan sedikit sentuhan CSS kepada kode yang tadi, anda juga bisa melihat contohnya di blog kphmph.wordpress.com, di alamat link yang tadi saya sertakan.

Sebenarnya, bagi seseorang yang sedikit mengenal tentang SEO atau yang hidup di dunia web development, saya yakin mereka pernah membuat blog atau website dengan domain dan hosting sendiri, mereka mungkin bisa dengan mudah membuat menu artikel terkait di blog dengan bantuan plugin, begitu juga dengan Blogger yang memperbolehkan penggunaan Java script di dalamnya. Maka jika sobat hanya betah tinggal di WordPress, ini lah salah satu cara bagaimana membuat artikel terkait atau juga sering disebut related post di blog wordpress.com. Selamat mencoba.

19 thoughts on “Cara Membuat Artikel Terkait / Related Post di WordPress.com

    1. Motorseo Penulis Tulisan

      ini kan ilham nya dari juragan… saya mah cman bikin arsip di blog aja… siapa tau nanti butuh info ini lagi… punya juragan lebih keren tuh…😉

  1. igast749

    udah ane coba dan ternyata muncul related postnya, tetapi ukurannya sangat besar sehingga membuat tampilan blog jadi tidak menarik. ngarapnya seperti yang ada di atas, tapi yang ada malah jauh dari harapan.

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      saya tidak tahu masalah nya dimana, tetapi jika agan menggunakan kode persis yang saya sebutkan diatas, saya rasa hasilnya akan sama dengan yang ada di blog ini😀, mungkinkah karena perbedaan tempelate gan?

    2. igast749

      ah ha ha. mungkin aja sih gan, mungkin kalau thema seperti yang gw pake memang tidak sesuai bila pakai related post wkwkk

  2. rahmat

    trima kasih info nya gan…sangat bermanfaat…saya newbie di blog wordpress.com nih…salam sukses…

    Balas

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s