Blog Sepi Pengunjung? Cari Tahu Penyebabnya

Banyak pemilik blog berkeluh kesah tentang blognya yang adem ayem atau sepi pengunjung, mereka juga terkadang strees😀 bingung dan tidak tahu apa penyebabnya. Sebenarnya, banyak faktor yang menentukan sebuah blog itu ramai pengunjung atau malah sebaliknya, meskipun berbagai cara, tips dan triks telah dilakukan, tapi terkadang hasil yang diharapkan sering jauh dari harapan. Saya berpikir mungkin ada hal hal yang sering dilupakan oleh pemiliki blog pemula seperti blog ini, bahkan sampai level master sekalipun dalam mengelola sebuah blog, namanya juga manusia, iya gak?

Jujur, ilmu, tips atau triks menarik pengunjung ke sebuah blog itu sungguh sangat banyak, ada yang menggunakan cara A, cara B, cara C mungkin sampai Z, bahkan ada yang melakukan cara haram sekalipun, tetapi setiap blog memiliki karakter masing-masing, maksudnya?

Begini, misal blog A menggunakan cara X untuk menarik pengunjung dan berhasil, tetapi terkadang cara ini tidak bekerja untuk blog B, lalu apa penyebabnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk membuat blog yang baik itu susah susah gampng, jika kita tahu ilmunya, Insya Alloh semua terasa mudah, tetapi jika kita tidak tahu ilmunya, hmm dijamin bikin pusing. Bagi anda pengguna wordpress self hosting, mungkin untuk menarik pengunjung anda bisa terbantu oleh banyaknya plugin di wordpress.org, tetapi bagi pemilik blog gratisan seperti wordpress.com ataupun blogger, semuanya harus serba manual😀

Ambilah contoh beberapa tips seo untuk blog wordpress.com yang telah saya tulis di blog ini, sebenarnya dengan sedikit pengetahuan tentang SEO, kita bisa memperbaiki “value” blog kita dimata search engine, setidaknya kita telah mengikuti aturan atau tips dari engineer mereka untuk memberikan nilai lebih kepada sebuah blog. Intinya, blog yang sepi pengunjung itu butuh sedikit sentuhan🙂 SEO untuk memperbaiki posisinya juga untuk menarik banyak visitor.

penyebab blog sepi pengunjung

graphik pengunjung blog : gambar sxc.hu

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berdiskusi tentang beberapa hal yang “biasanya” menjadi penyebab mengapa sebuah blog itu sepi pengunjung, bukan pada masalah SEO meskipun terlihat mirip..

Blog baru : tidak mungkin sebuah blog baru bisa langsung menjaring ribuan pengunjung, setidaknya blog baru harus memiliki beberapa artikel yang bermanfaat atau menarik dan telah terindex oleh mesin pencari, jika belum, bagaimana mungkin blog anda bisa ditemukan dan dikunjungi visitor? lha blog nya saja masih kosong bukan?

Kualitas artikel yang pas-pasan : Saya terkadang heran dengan sebuah blog yang isi nya tidak ada manfaatnya, meskipun saya juga sering malas membaca tulisan sampah saya sendiri:mrgreen:, tetapi mulai sekarang alangkah baiknya jika seorang blogger benar-benar memberikan sebuah informasi yang bermanfaat setidaknya menarik untuk di kunjungi. Blog yang memiliki artikel yang berkualitas biasanya akan mendapatkan perhatian khusus oleh pembacanya, inilah tujuan kita, kepuasan pengunjung.

Tampilan website yang berat dan amburadul : pernahkan sobat semua mengunjungi sebuah blog yang penuh dengan iklan? berat ketika di-load? sesak dengan gambar, widget dan hiasan yang sebenarnya tidak bermanfaat? apa perasaan anda? kesal dan malas berkunjung kembali bukan? maka jauhi hal itu semua.

Komunikasi yang terputus : Maksudnya adalah, ketika seorang pengunjung memberikan komentar yang berisi sapaan atau pertanyaan, banyak admin blog yang tidak menghiraukannya, saya memaklumi jika blog nya telah berisi puluhan atau ratusan komentar, tetapi jika masih dalam batas wajar, kenapa kita tidak berkomunikasi dengan pengunjung secara baik dan kontinu?, seorang pengunjung pun akan merasa senang dan dihargai bukan?

Tulis hal yang sedang ramai, abadi dan banyak dicari : ini adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah blog. Bagi webmaster yang membaca mungkin sudah mengerti apa maksud saya, jadi buatlah artikel yang sekarang sedang ramai dibicarakan, misal informasi hp terbaru, harga rumah, tips seo blog terbaru, tips facebook, cara membuat twitter dan lain-lain.

Konten abadi atau saya lebih suka menyebutnya pilar konten adalah artikel yang berisi hal-hal yang selalu dicari di internet sepanjang masa, yah seperti artikel yang memiliki informasi tips memiliki istri shaleh, tips mencari kerja, bahkan tulisan ini yang memiliki kalimat “mengapa blog saya sepi pengunjung” juga merupakan salah satu pilar konten yang setidaknya orang akan selalu mencarinya, setidaknya bagi seorang blogger.

Kesimpulannya adalah, jika sobat sering bertanya “mengapa blog saya sepi pengunjung” dan mencari tahu penyebabnya, sobat bisa memikirkan sejenak hal-hal yang telah saya sebutkan diatas. Jadi cobalah untuk membuat blog dengan setidaknya telah memilki syarat seperti blog yang sudah terisi artikel/konten bermanfaat dan menarik, berpenampilah ringan, rapi dan sederhana (bukan berarti tanpa hiasan), berkomunikasi dengan baik dengan pengunjungnya, dan tentu saja berisi konten yang segar, itu semua setidaknya akan menarik pengunjung untuk blog kita semua.

Bagaimana? sudah mengerti atau malah tambah pusing? lha ini baru basiknya saja belum masuk kepada tips SEO yang menjadi nilai tambah. Tapi, jika sobat sudah melakukan perbaikan-perbaikan seperti tips diatas, saya yakin setidaknya pengunjung tidak akan kecewa setelah parkir di blog cobat, itu intinya. Untuk ilmu SEO nya bisa di tunggu di artikel selanjutnya atau lebih baik cari ilmu SEO kepada blog master yang banyak beredar di Internet😀.

Blog sepi pengunjung? jangan lupakan, artikel berkualitas, blog yang enak dipandang dan ringan serta komunikatif, semoga blog nya tidak sepi pengunjung lagi seperti blog museum ini he he😀, salam sukses.

26 thoughts on “Blog Sepi Pengunjung? Cari Tahu Penyebabnya

  1. yecruzsulla

    iya mas bener banget… terutama yang bagian komunikasi dengan pembaca…
    saya sangat setuju. blog baru/lama perlu menjalin ikatan dengan readernya… selain untuk meramaikan blognya…juga untuk membuat si reader itu loyal🙂

    Balas
  2. Terwujud.com

    Tentu kita semua tidak akan mau hal itu terjadi ya sob, “mencegah lebih baik daripada mengobati atau sedia payung sebelum hujan” adalah pepatah yang tepat dan efektif jika dikaitkan dengan blog yang sepi pengunjung. Banyak cara dan langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga trafik blog, termasuk dari cara-cara di atas ya! terima kasih

    Balas
  3. tatangtmh

    bagus gan info nya memang setiap blogger pasti mencari tentang problem seperti ini, apalagi ane gan yg bru bikin blog, ditunggu kunjungannya ya gan http//tatangtmh.wordpress.com

    Balas
  4. Zatyc Prasetyo

    dari pertama ngeblog cuman buat iseng soalnya penasaran dg dunia blog, jadi isinya ya artikel ngawur yg gak mutu babar blas ^_^ .. tapi kalo ada orang yg komentar kan rasanya jadi gimana gitu..

    Balas

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s