Cape, Sibuk dan Pusing Mikirin SEO untuk Blog?

gambar SEO

Ilustrasi -SEO – image : sxc.hu

Saya pusing nih, sudah cape dan sibuk mikirin SEO di blog tapi blog saya tetap saja sepi, lalu apa yang salah?. Salah karena kita terlalu ribet mikirin SEO untuk blog, contoh blog di wordpress.com yang sebenarnya sudah memiliki cukup fitur SEO yang tidak perlu untuk dikejar habis-habisan.

Apakah hari ini SEO masih hidup atau sudah mati? ini masih menjadi tanda tanya karena bagaimanapun saya sudah sering membaca artikel dari para master SEO orang bule yang mengatakan bahwa “SEO is going to die”. Tetapi bila dipikir secara cermat, tidak semua ilmu SEO itu telah/akan mati, buktinya, dalam buku panduan SEO punya Google yang telah saya bahas beberapa hari lalu, disebutkan bahwa penggunaan seperti pengaturan judul artikel, permalink, nama domain yang berhubungan dengan SEO juga tetap dicatat.

Masalah hancurnya nilai SEO saat ini juga berhubungan setelah banyaknya perubahan algoritma pencarian di Google, banyak sekali blog atau web site yang terkena “babat”, pun dengan beberapa blog milik penulis yang terkena badai ini. Apa yang salah? apa yang harus diperbaiki?.

Jika kita renungkan dan coba pikir 1000x:mrgreen:, apa sih tujuan sebuah blog atau website? apakah benar hanya untuk mengejar nilai 100 di situs chkme? tentu saja tidak semuanya benar. Sampai saat ini, saya menilai ada 2 jenis blogger di dunia ini, blogger yang murni untuk berbagi informasi dan blogger yang murni untuk mencari rezeki. Dua-duanya tidak ada yang salah, yang salah adalah caranya.

Saya percaya bahwa Google, Yahoo, Bing dan mungkin search engine yang lainnya sangat membenci blog yang “over” dalam membangun SEO, selain bisa membuat banyak keburukan semisal spamming, blog yang over dalam hal SEO juga (jika berhasil) terlihat kurang bernilai. Benarkah? sekali lagi tidak semuanya, hanya saja saya sering melihat web yang berada di halaman no 1 search engine tidak memiliki kualitas artikel yang visitor harapkan, setidaknya itu yang penulis rasakan.

Lalu apa yang harus kita lakukan? hal terbaik yang mungkin bisa saya sampaikan saat ini adalah “turuti kemauan search engine dan berikan info yang bermanfaat”, toh disana juga mengajarkan hal-hal yang baik, untuk itu, untuk awal-awal dan bagi pemula, cobalah untuk menerapkan beberapa tips SEO dari panduan SEO nya Google (lihat di artikel sebelumnya).

Jika saat ini anda sedang merasa stres, jenuh, pusing, cape dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengejar SEO terbaik, cobalah berpikir sejenak secara logis, dan berpikirlah sebagai visitor bukan pemilik blog. Cobalah sejenak jangan mencari backlink dengan submit artikel sana-sini, komentar dimana-mana, menggunakan tag bold yang over di dalam artikel, lakukanlah sewajarnya dan senyaman mungkin.

Anda seorang pemula? jangan pusing mikirin hal-hal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, auto generated pages dan sejenis scraper pages lainnya. Hal-hal tersebut adalah (kebanyakan) buruk, dan jika anda tidak tahu hukum, ilmu,tips dan triknya, percayalah search engine akan segera meng-eksekusi mati blog anda😀

Artikel terkait :


Mudah-mudahan artikel ringan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, karena dalam seni SEO dijaman yang super ketat saat ini, over SEO bisa berakibat bencana, percayalah😉, meskipun penulis blog motorseo sendiri masih sering melakukan kesalahan dalam hal pengoptimalan SEO di blog, tetapi sedikit demi sedikit telah menuju kearah taubat:mrgreen:. Saran, kritik, cacian lanjut dibawah gann😀

2 thoughts on “Cape, Sibuk dan Pusing Mikirin SEO untuk Blog?

  1. Ping balik: Analisa Blogging : SEO Dulu dan Sekarang | Motor SEO

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s