Membuat Blog dengan Hosting Sendiri : Ingat 5 Hal Ini

Saat kita memutuskan untuk membuat blog dengan hosting sendiri, sebaiknya kita melihat setidaknya 5 hal penting berikut, ini bukanlah panduan resmi dari seorang web developer profesional tetapi ini merupakan beberapa tips dari saya yang pernah beberapa kali membuat blog dengan hosting sendiri yang juga secara kebetulan menggunakan CMS wordpress.

Sebelumnya saya ingin bertanya, apa alasan pengunjung untuk membuat blog dengan hosting sendiri? apakah blog gratisan seperti di wordpress.com dan blogger.com tidak cukup?. Jika saya simpulkan menurut pengalaman pribadi, blog dengan hosting sendiri atau disebut self-hosting biasaya bertujuan untuk membuat blog bisnis atau sebagai blog personal branding, benar? atau hanya untuk bergaya :-D? terserah anda sih tapi setidaknya anda harus paham betul mengenai hal ini.

5 hal penting sebelum membuat blog dengan hosting sendiri.

1. Blog dengan hosting sendiri butuh dana

Setidaknya anda membutuhkan sekian ribu, puluh ribu, ratus ribu mungkin jutaan (tergantung space) untuk menyewa tempat di penjual hosting, harap di ingat untuk menyiapkan dana ini sebelum anda secara pasti membuat blog dengan tempat sendiri.

2. Beli nama domain sendiri lebih baik

Tidak lucu jika anda mampu menyewa hosting sendiri tetapi menggunakan domain gratisan, pilihlah nama domain yang cocok dengan tema blog anda, jika blog anda berisi tentang motor, lebih baik anda memilih nama domain dengan nama yang terkait semisal “hargamotor.com” atau “motorterbaru.com”, ini supaya blog anda jelas memiliki “image” dan tidak ngaco seperti blog motorseo ini:mrgreen:, kecuali kalau blognya memang diciptakan untuk blog curhat atau untuk blog pribadi, it’s okay. Harga sewa domain cukup murah, untuk .com atau .net rata sekitaran 100rb/tahun tergantung penyedia layanan sewa domain, murah bukan?

3.Pilih Hosting luar atau dalam negeri?

Hanya ada dua perbedaan, yaitu harga dan cara pembayaran, jika anda benar-benar newbie, bisa menggunakan hosting dalam negeri yang memiliki pembayaran mudah melalui transfer bank. Jika anda punya paypal bisa menggunakan hostgrator dan lain sebagainya, ingat kemudahannya, pilih salah satu saja. Hosting dalam negeri biasanya memiliki space dan fitur cukup dengan harga murah, sedang hosting luar negeri biasanya berharga lebih mahal tetapi lebih komplit seperti space yang besar juga bandwidth yang lumayan longgar.

4.Pilih CMS blog

Saat ini saya hanya merekomendasikan CMS WordPress, meskipun pernah iseng-iseng membuat blog dengan CMS Joomla dan Drupal, tetapi CMS WordPress sepertinya lebih populer dan lebih familiar bagi sebagian blogger, salain CMS ini gratisan, WordPress juga memiliki banyak themes dan plugin yang sangat bermanfaat apalagi bagi para pemula.

5. After sales dan contact support

Saat hosting anda mengalami masalah, apa yang anda lakukan? yap benar menghubungi kontak si penyedia hosting, jika tidak mau ribet, pilihlah hosting dalam negeri yang tentunya support bahasa IndonesiašŸ˜€ tetapi jika bisa sedikit bahasa Inggris, hosting luar negeri tetap yang terbaik dengan kemampuan yang hosting yang juga relatif stabil dan jarang gangguan.

Itulah kira-kira 5 hal penting yang harus anda ketahui sebelum membuat blog atau website dengan hosting sendiri, saya sendiri lebih mengutamakan kemudahan dan fitur, lebih baik mahal sedikit tapi hostingnya lancar/stabil dan jarang gangguan. Jangan lupa, untuk membuat blog yang menarik, anda juga harus pintar-pintar memberikan konten yang bermanfaat dan juga fresh. Semoga bermanfaat dan silahkan berkomentaršŸ˜‰.

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s