Antara Komputer Desktop, Laptop, dan Tablet PC

komputer desktop rakitan

komputer desktop rakitan, pic : asus

Sekitar tahun 2003 di awal kuliah, komputer desktop atau komputer rakitan adalah barang yang sangat diperlukan oleh setiap pelajar, yah setidaknya oleh mahasiswa. Saat itu, penggunaan notebook atau laptop sangat jarang terlihat meski ada yang menggunakannya juga. Kebanyakan orang membeli komputer melalui proses perakitan, ada yang membeli jadi dari toko komputer, juga tak sedikit yang merakit sendiri. Yang merakit komputer sendiri biasanya anak-anak IT termasuk saya, juga orang lain yang biasanya puas jika merakit komputer sendiri😀

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, komputer desktop kini mulai ditinggalkan meski belum secara besar-besaran. Sekitar tahun 2008-2010, banyak orang yang beralih ke sebuah laptop, saya pun demikian, meski tetap merakit komputer game di tahun 2012 untuk kepentingan hiburan😀 tetapi laptop adalah barang yang sering digunakan dibandingkan dengan sebuah komputer desktop saat itu. Kelebihan laptop yang dapat menggeser sebuah komputer bukanlah mengenai performa, tetapi masalah kemudahan dan mobilitas.

Kini, laptop pun mulai tergusur oleh yang namanya Tablet PC, meski tidak sehebat laptop, tetapi tablet memiliki nilai lebih seperti mudah digunakan, sederhana, mudah dibawa kemana-mana dan lebih ringan dari sebuah laptop bahkan netbook.

tablet pc

tablet pc, – gambar dari aboutpc.co

Menurut hemat saya, setidaknya ada 3 poin utama yang bisa kita renungkan. Pertama, jika kita membutuhkan komputer yang memiliki kemampuan yang tangguh, merakit komputer desktop adalah jawabannya, selain biasanya berharga lebih murah dari pada sebuah laptop dengan kemampuan yang sama, komputer desktop pun setidaknya memiliki durabilitas yang jauh lebih baik. Kedua, jika kita membutuhkan banyak fungsi dari komputer, tetapi dengan dimensi yang lumayan kompak, laptop adalah jawabannya, tetapi dengan harga yang sama dengan komputer, performa nya pasti dibawah komputer desktop rakitan.

Terakhir, jika kita membutuhkan “sebagian” fungsi dari komputer atau laptop, tetapi ingin yang memiliki dimensi yang super ringan, tablet pc adalah jawabannya. Tablet PC bisa menggantikan sebagian fungsi dari komputer juga laptop, kita bisa membuat dokumen, memutar lagu, film, bermain game ringan, dan lain-lain di tablet. Harap dicatat, jika dilihat dari kemampuan dengan perbandingan harga, tablet adalah jenis komputer yang paling lemah dibanding laptop apalagi komputer, sedangkan jika dilihat dari segi ke-praktis-an, tablet pc menjadi yang terbaik setelah laptop kemudian komputer. Pilih sesuai kebutuhan, semoga bermanfaat.

Artikel komputer lainnya :

9 thoughts on “Antara Komputer Desktop, Laptop, dan Tablet PC

  1. ayah rindu

    saya lebih suka desktop, tapi gak suka yg rakitan, lebih suka beli yg branded (biarin dibilang makan merk)

    Balas

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s