Blog dan SEO Inspirasi di Awal Tahun 2015

Assalamualikum, salam sejahtera buat semua blogger maupun pengunjung blog, well bagaimana kabar blog dan pengalaman seo teman blogger atau pengunjung di tahun 2015 ini? apakah inspirasi menarik yang bisa membuat kita tersenyum? atau malah banyak kabar yang membuat kita semakin terdesak dengan banyaknya algoritma Google yang makin galak heu.

blog dan seo di tahun 2015

Sudah lama saya nggak nge-update blog ini, tetapi sebenarnya tidak sepenuhnya saya tinggalkan, terkadang sering juga mengecek data pengunjung dan komentar, tetapi maaf buat semua komentator, komentarnya tidak bisa semua saya balas, tapi akan saya update di kemudian hari, tunggu saja ya😀

Langsung aja, di tahun 2015 ini, perkembangan blog mungkin hanya seperti itu-itu saja, tetapi dengan seo? hmm seo terkadang membuat saya stress, tidak hanya berdampak pada blog ecek-ecek pribadi ini, tetapi juga berpengaruh terhadap beberapa blog klien dan blog pribadi saya yang “menghasilkan receh uang”. Beberapa kali update Google algoritma di akhir 2014 sempat membuat beberapa blog yang saya kelola terguncang, ada yang langsung turun trafficnya, ada yang stabil ada yang naik, tetapi kebanyakan membaik di awal Januari 2015 ini. Alhamdulillah.

Pada kesempatan kali ini, saya tidak bisa bicara banyak tentang perkembangan blog dan seo, hanya beberapa poin saja yang ingin saya share. Pertama adalah masalah mobile-friendly website. Akhir-akhi ini, Google sepertinya menaruh banyak perhatian pada website yang tidak memiliki fasilitas mobile-friendly (web yang bisa menyesuaikan bentuk, desain, menu, akses, di gadget). Google juga mengirim email kepada para webmaster untuk mengambil tindakan pada masalah ini, nah sekarang apakah website anda sudah mobil friendly? jika belum, bersiaplah, di tahun 2015 mungkin fitur ini bisa membuat anda tersenyum atau membuat anda menangis karena di tegur Google he.

Point kedua adalah masalah keamanan dan struktur awal website. Percaya atau tidak, salah satu website saya dengan CMS wordpress terkena serangan orang jahil, meskipun sudah menggunakan plugin keamanan dari wordpress.org, tetap saja bisa bocor😀, menyakitkan memang, tetapi ini menjadi pelajaran yang berharga bagi saya.

Terkahir buat para pembuat website dan developer, banyak hal yang harus anda lakukan sebelum anda meluncurkan sebuah website, sobat harus sudah siap dengan konten yang akan di tampilkan, siap dengan mengurus akun webmaster dan analytic, mengecek setiap struktur web html, css, java script, robot.txt, sitemap, dan lain-lain. Intinya, buatlah daftar atau list yang lengkap. Meluncurkan sebuah website sangatlah mudah, tetapi untuk mengurusnya dan membuat website tersebut bernilai membutuhkan langkah yang tepat, tidak sembarangan, ini jika menurut saya pribadi, mengapa? karena website atau blog yang ingin bernilai adalah suatu proyek jangka panjang, apalagi jika blog tersebut dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan uang dari internet. Baca panduan seo resmi disini..

Itu saja sepertinya sharing kita kali ini, intinya di tahun 2015 ini, blog dan perkembangan seo bagi saya pribadi masih sangat menarik untuk di pelajari, bukan hanya karena blog bisa memberikan anda banyak teman, relasi bahkan uang, tetapi karena blog juga menjadi tempat untuk bersilaturahmi dengan orang lain dan memberikan informasi yang sekiranya bermanfaat bagi banyak orang. So, di tahun 2015 apakah sobat sudah memiliki ilmu yang cukup untuk mengelola blog dan seo nya? selamat blogging dan jangan lupa ambil recehannya😀

4 thoughts on “Blog dan SEO Inspirasi di Awal Tahun 2015

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..

