Tips SEO : Judul Artikel dan Deskripsi yang Tepat

Sebagian blogger masih melakukan kesalahan dengan menggunakan judul artikel dan deskripsi yang tidak tepat saat menulis sebuah artikel, terlihat antara judul artikel dan deskripsi tidak saling mendukung, ini jelas tidak memiliki nilai SEO yang bagus dimata search engine. Untuk itu, pada hari ini penulis ingin mengingatkan kepada para pembaca bahwa, penggunaan judul artikel dan deskripsi pada sebuah artikel sebaiknya tertata dengan baik dan juga jelas, mengapa?

Saat kita mengetik suatu kata kuci di search engine semisal google, sebutlah kata “apa itu seo”, maka secara tidak langsung kita berharap mendapatkan artikel yang berbicara tentang seo, baik itu pengertian nama ataupun cara kerja seo dan lain-lain. Oleh karena itu, ketika kita menekan tombol “cari”, atau “search”, maka sebisa mungkin search engine akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata tadi.

Mari kita belajar seo bersama, dan kita lihat contoh penulisan judul artikel dan deskripsi blog dibawah.

tip-seo-judul-artike-deskripsi

contoh tips seo judul artikel dan deskripsi

Artikel blog motorseo ternyata hanya di peringkat 3 pada kata pencarian di gambar diatas :-D, maklum masih pemula. Coba perhatikan.

Saat saya mengetik kata kunci dan menekan tombol search, google menampilkan banyak artikel termasuk milik blog motorseo ini. Pada keterangan nomor 1, artikel blog motorseo telah memenuhi persyaratan dengan adanya kunci utama, sedangkan pada keterangan nomor 2, meskipun kata kunci nya tidak lengkap, tetapi google tetap menghitungnya. Intinya apa? intinya ketika kita membuat sebuah artikel, sudah sebaiknya kita membuat judul dan deskripsi untuk selalu berhubungan, supaya nantinya search engine bisa menempatkan posisi artikel kita di tempat yang kita inginkan, di halaman 1 tentunya 😉

Jelas, penulisan judul artikel dan deskripsi harus tepat dan saling berhubungan, jika tidak, maka jangan harap kita bisa nangkring di halaman depan search engine, toh antara judul dan deskripsi saja sudah ngaco, right?. Harap di ingat bahwa ini juga membantu para pencari informasi untuk menentukan web/blog mana yang kira-kira memenuhi keinginannya. Got it?

Tips : Bagaimana cara menuliskan deskripsi yang baik di blog?. Sayangnya, lagi-lagi blog wordpress.com tidak mendukung untuk penulisan deskripsi secara manual, seperti blog di blogger atau self hosting, tetapi jangan khawatir, sebat kita bisa menggunakan cara lain, apa itu? tulislah deskripsi pada awal kalimat, tetapi harap diingat, search engine juga terkadang mengambil kata yang ada di paragrap lain termasuk di komentar, jadi mohonlah orang untuk berkomentar di blog anda :-D, tentu yang berhubungan dengan judul artikel.

Mudahnya, tulis judul artikel yang mengandung kata kunci, boleh ditambah kata lain supaya unik sepanjang masih berhubungan dan tidak terlalu panjang serta berlebihan, untuk penulisan deskripsi sama saja, jelaskan inti rangkuman tentang apa yang ada di tulisan anda, dan sebisa mungkin menyertakan kata kunci utama pada deskripsi ini, mudah bukan?

Ingat, penulisan judul dan deskripsi artikel yang tepat sangat penting bagi search engine, jadi pastikan semuanya benar dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Harap diketahui bahwa untuk menjadi yang terbaik dihalaman pencarian, banyak sekali faktor yang mempengaruhi semisal kualitas artikel yang unik, penggunaan kata tebal, penggunaan tag heading yang baik, backlink, kualitas tempelate yang ringan dan seo friendly dan tentu saja penulisan judul dan artikel yang tepat.

Nah itu saja untuk kali ini, segala kesalahan murni dari penulis sendiri, dan segala yang baik dan benar datangnya dari yang Maha Kuasa, selamat nge-blog 🙂

Referensi belajar SEO lainnya :

26 thoughts on “Tips SEO : Judul Artikel dan Deskripsi yang Tepat

  1. Ping balik: Artikel Blog Di Curi Orang Lain? Copas? Copy Paste? Santai Saja.. | Motor SEO

    1. Motorseo Penulis Tulisan

      Menurut ane sekarang 65% onpage,, sisanya yang lainnya.. maklum ane salah satu penganut kepercayaan “Content is The King”, lagian Algoritma SE sekarang lagi mabook he he..
      satu lagi, ane bukan mastah.. trims

  2. putrasundaborneo

    Makasih yah kang infonya…! Tapi kalo saya sih ngga terlalu memikirkan SEO Kok…karena menurut saya mah yang penting terus ngeblog dan jangan pernah bosen untuk buat artikel , yah walaupun copas hahahaha…!

    Tapi saya salut Sama blog akang ini bisa ada di peringkat tiga…! coba lihat peringkat 1 sama 2 nya , 2 website teratas pake domain.net sedangkan blog akang pake domain wordpress.com yang pastinya kayak punya saya gratisan , Nah dari gambar tadi adalah sebagai bukti kalau blog akang teh bisa bersaing sama website2 yang memakai domain berbayar , jadi intinya domain tidak terlalu menentukan SEO suatu Blog , Bener ngga yah…? Tapi tetep SALUT LAH sama Blog akang ini…!

    Salam kenal aja dari saya ( Newbie wordpress nih ) , yah walaupun udah lama ngeblog di tempat tetangga tapi baru kali ini saya ngerasain tantangan baru yang super keren di WordPress ini …! jadi mohon dukungannya aja yah semoga saya bisa lebih paham seluk beluk tentang WordPress ini…!

    Balas
    1. Motorseo Penulis Tulisan

      Terima kasih atas dukunghannya Kang :-D, btw SEO memang sangat menarik, menarik untuk dinikmati walau terkadang bikin pusing juga :-D. Saya zsetuju dengan kata SEO bukan segalanya, yang penting update, tetapi gak setuju dengan kata COPAS nya karena itu mematikan kreatifitas kita he.. he.. cayoo

    2. putrasundaborneo

      hahaha… bener juga sih…sebenarnya kalau jadi tukang copas ngga enak juga loh , kadang-kadang kita ngerasa sedih juga ngelihat artikel seisi blog isinya cuma copas doang…padahal sebenarnya semua orang yg punya Blog bisa membuat Artikel sendiri , cuma rata2 karena bawaan sifat alamiah mereka , yaitu MALES…wkwkwk..!

      Thanks ya udah bales comment saya…!

URL/WEB/links yang tidak valid gak usah isi ya gan, nama aja isinya. Komentar tunggu approval momod ok ^_^..